CARA | TIPS PERAWATAN MOTOR TERKENA BANJIR


1) Pertama
FILTER UDARA
Kondisi filter udara harus pertama dicek karena merupakan saluran udara/ pernafasan  menuju ke lubang  pembakaran/ percampuran antara udara dan bensin. Bahan biasanya terbuat dari kasa yang dilapisi oli, jadi mudah basah. Jika sampai basah disarankan untuk di ganti baru agar penyaringan udara jadi kembali bagus.

2) Kedua
KELISTRIKAN
Untuk jenis motor yang sudah memakai sistem injeksi yang diprioritaskan bagian ECU (Elektronic Control Unit) tapi pada umumnya sudah diproteksi menggunakan bahan/ soket kedap air jadi tinggal dibersihkan saja sudah lansung bisa dipakai tapi jangan lupa sering terjadi arus pendek pada bagian bendik starter, karena air masuk ke dalamnya.

3) Ketiga
BUKA BUSI
Pada umumnya mesin mati pada motor itu kondisi klep isap dan buang menutup, jadi ketika buka baut intake manifold yang bentuk seperti leher angsa itu, air tertahan dilubang isap. Meskipun busi terlihat kering dan kedap air dikhawatirkan terjadi efek water hammer saat menyalakan mesin, maka baiknya busi dubuka terlebih dahulu, kemudian slah mesin pakai kick starter agar air terbuang dari ruang bakar. Akan lebih maksimal jika dibersihkan memakai udara bertekanan tinggi/ kompresor disemprotkan ke dalam ruang bakar.

4) Keempat
OLI, RADIATOR & CVT (PADA METIK)
Buka cover CVT maka akan banyak lumpur dan pasir, terutama cover dekat kick starter. Bersihkan pakai air kemudian langsung dikeringkan. Baut/ Tutup oli karter dibuka maka air langsung akan menyembur dan baru olinya yang akan keluar. Pada umumnya air sudah masuk sampai dalaman mesin, maka cara membersihkannya cukup dengan solar sampai bersih. Untuk lebih mantapnya/ yakinnya diflushing pakai oli biasa dan nyalakan mesin selama 10 menit, lalu ganti pakai oli kualitas bagus. Air radiator akan aman dari banjir.

5) Kelima
KNALPOT
Knalpot merupakan lobang yang kerap kemasukan air waktu banjir, kemudian menuju kedalam saluran buang dan akan mengisi ruang kosong di part pembuang sisa bahan bakar ini. Cara membersihkannya cukup dengan cara melepas dan menggantungnya supaya air bisa turun, juga bantu dorong dengan steam agar air dan kotoran yang mengendap bisa ikut keluar semua.

6) Keenam
KURAS TANGKI BENSIN
Jangan berprasangka air tidak masuk meskipun tangki bensin tertutup rapat. Saat dilakukan pengurasan biasanya air terdapat dibagian bawah tangki. Masuknya air bisa melalui lubang pernafasan pada tutup tangki.
Untuk itu tangki harus dikuras, agar air bisa terbuang semua. Sebab jika dilihat sekilas hanya terdapat bensin, padahal air tertutup bensin yang notabene berat jenisnya lebih ringan.

Terimakasih Semoga Bermanfaat   

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..