Seberapa dekatkah kita dengan anak/ buah hati..?

  (How close are we to a child / baby ..?)


  Kita bisa mengamati perilaku anak yang tak bisa lepas dari benda kesayangannya, seperti boneka, selimut, bantal dan sebagainya. Disinyalir ini merupakan indikator bahwa hubungan orangtua dan anak  tidak  terjalin dengan baik. Mengapa bisa demikian..? Anak tidak bisa lepas dari benda kesayangannya disebabkan oleh karena merasa tidak dekat dengan orang tuanya, benda kesayangannya menjadi alat bagi anak agar merasa nyaman, benda kesayangannya menjadi subtitusi "sosok" atau "alat" pelindung anak saat berada di lingkungan baru yang mana hal tersebut wajibnya didapat dari orangtua. Apabila benda tersebut tidak ada atau jauh dari pandangannya anak jadi gelisah, tidak bisa diam, dan tak jarang menangis sembari menjerit-jerit.
  Membangun hubungan anak dan orangtua merupakan sebuah tantangan tersendiri di era modern seperti sekarang. Pasalnya, sebagian besar keluarga memiliki ayah dan ibu yang sama-sama bekerja dari pagi hingga senja, sehingga komunikasi anak pada orangtua pun terasa kaku dan kurang terbuka.
Untuk mengatasi situasi yang demikian;
  • Disarankan sering membuka percakapan ringan terlebih dahulu
  • Orangtua harus menunjukkan kasih sayang lewat sentuhan
  • Bisa direfleksikan lewat gerakan tos(high five), pelukan di pagi hari, kecupan di malam hari saat sudah terlelap, atau usapan di kepala.

  Sentuhan tulus dan penuh kasih sayang dari orangtua pada anak, akan menciptakan perasaan nyaman dan membuat anak merasa memiliki pelindung yang bisa diandalkan. Hal tersebut menjadikannya saat bersama orangtua anak tak lagi memerlukan kehadiran benda kesayangannya. 
Selain menumbuhkan perlindungan, sentuhan sarat kasih sayang juga membuat anak merasa adalah bagian terpenting dalam keluarga. Hal tersebut sangat bermanfaat kelak anak beranjak remaja dalam menghadapi masalah akan lebih memilih membicarakannya pada orangtua sendiri dibandingkan kepada orang lain (Janie L. Konsultan kesehatan mental).

Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..