Cara mengusir serangga jenis lalat sampai 50%

(How to repel insects types of flies to 50%)

  Serangga jenis lalat hampir disemua sudut rumah pasti ada, karena lalat merupakan jenis binatang yang mudah sekali berkembang biak, tanpa perwatan meskipun tempat yang asal dan kotor, jorok/ sembarangan lalat tetap akan berkembang dengan cepat. Lalat akan mendatangi sebuah tempat secara berkerumun, akan lebih cepat jika terdapat jenis amis/ikan yang menimbulkan bau tak sedap maka lalat akan sangat suka sampai menetap ditempat itu terus.
Jumlah lalat yang melebihi ambang batas itu sangat berpotensi memicu sejumlah penyakit, seperti  sakit pencernaan, virus patogen, bakteri, protozoa dan telur cacing. 
  Untuk mengurangi datangnya lalat yang semakin banyak, salah satunya dengan minyak serai wangi (yang mengandung citronelal oil, geraniol, citronelol) dengan lilin padat yang digabungkan. Ketiga senyawa itu berperan sebagai insektisida yang berfungsi mengusir dan menghambat serangga (antifeedant dan reppellent).
Cara membuatnya yaitu, lilin padat yang mengandung senyawa parafin dan stearin dimasukkan kedalam mangkuk stainless steel dan dipanaskan diatas air mendidih, mirip dengan cara mengukus makanan. Tunggu sampai lilin cair, setelah itu tuang minyak serai sebanyak 25 mililiter atau setara lima sendok makan ke dalam gelas bervolume 200 mililiter, kemudian dilanjutkan dengan menuang lilin cair kedalam gelas yang berisi minyak serai tersebut. Sebelumnya pasang sumbu ditengah lilin dan biarkan hingga padat. 
Setelah selesai maka lilin sudah bisa dinyalakan untuk mengusir lalat, hasilnya jumlah lalat yang hinggap bisa berkurang hingga 50%. (Y. Patmasari Poltekes)



Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..