(SOFT DRINK) MINUMAN SODA MENGANCAM TULANG DAN GIGI

  Minuman ini merupakan minuman favorit hampir semua orang, apalagi anak muda yang sedang berkembang. Ditengah perjalalan jarak jauh tiba-tiba disuguhkan minuman bersoda dingin tentu sangat menggiurkan. Namun demikian, dalam minuman soda ternyata mengandung beberapa zat yang bisa merusak tubuh dalam jangka yang relatif tidak terlalu lama. Mulai dari kandungan gula yang tinggi, zat asam fosfat, sodium benzoat bahkan aluminium.
  Kandungan gula dalam minuman bersoda angat tinggi, selain dapat menyebabkan obesitas, meminum minuman bersoda pada kondisi tubuh haus bukan malah menghilangkan rasa haus itu sendiri tetapi malah akan menambah rasa haus.
   Buat yang sudah gandrung suka pada minuman ini, sebaiknya berhati-hati dengan kadar gula darah, jika teralalu sering mengonsumsi menyebabkan kadar gula darah meningkat menjadikan darah menjadi lebih kental dan akan sulit untuk mengalir diseluruh tubuh dengan lancar.
   Selain gula yang tinggi, didalam minuman bersoda juga tedapat kandungan asam fosfat yang jika larut dalam darah akan melunturkan kalsium dalam tulang. Seharusnya tulang yang sehat itu jika mengandung kalsium yang tinggi. Kalau kalsiumnya luntur karena terdorong keluar oleh zat fosfor yang larut dalam darah maka tulang akan menjadi rapuh.
  Kerapuhan tulang akan memicu tulang menjadi kropos, tulang kropos pemicu banyak penyakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak hanya menyerang bagian tulang tubuh tetapi juga bisa menyerang bagian gigi, karena zat ini merusak email atau lapisan gigi paling luar menjadikan gigi rapuh.
  Minuman soda yang dikemas dalam kaleng aluminium biasanya juga mengandung zat tertentu agar agar lapisan aluminium kemasan tidak mudah larut terkena cairan soda dan bercampur dengan minuman. Jika kemasan sampai rusak, maka aluminium akan tercampur dengan minuman dan bisa terminum masuk dalam tubuh. Padahal sifat aluminium sendiri tidak bisa larut dalam darah tetapi akan mengendap, yang lama kelamaan bisa mengakibatkan bermacam-macam penyakit, seperti ginjal dan kerusakan otak.
   Untuk lebih aman minumlah air putih pasti akan lebih menyehatkan.(dr.Yayok W Spesialis Gizi RS Soekanto)

Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..