EMPAT WAKTU YANG HARUS DIJAGA DALAM MENDIDIK ANAK DAN ANAK TERHADAP ORANG TUA

   (FOUR TIME TO BE KEPT IN A CHILD TO EDUCATE CHILDREN AND PARENTS)
   Waktu merupakan hal yang sangat berharga jika kita dapat menggunakannya dengan tepat maka akan tercapai apa yang akan kita harapkan dengan sangat memuaskan, karena waktu terus berjalan tanpa henti sedetikpun seperti pepatah arab menyebutkan "Alwaktu atsmanu mina dahabi" yang maknanya waktu itu lebih berharga dari pada emas, maka manfaatkanlah waktu dengan seefisien mungkin untuk mendapatkan sesuatu yang banyak berguna baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pada prinsip sederhananya ada waktu harus ada hasil
   Berhubungan dengan maksud diatas adalah untuk menimbulkan rasa dan saling menjaga komunikasi yang baik antara anak dan orang tua dan sebaliknya secara berkesinambungan, dalam penggunaan waktu yang sangat berharga itu antara lain dengan cara : (Berlakulah Setiap Saat )
  1. Jagalah waktu untuk tidak marah setiap akan menjalankan ibadah/ sholat Lima waktu ; karena dengan adanya rasa marah meski sedikit akan berdamapk pada kekhusuan dalam setiap gerak sholat.
  2. Jagalah waktu setiap hendak makan untuk tidak marah ; karena dengan masuknya makanan kedalam tubuh yang seharusnya benar-benar bersih dari segala sesuatu yang akan berdampak akan mendapatkan barokah, tetapi sebaliknya kalau hendak makan sudah marah maka setiap makanan yang masuk menjadikannya kurang barokah yang akan berpengaruh pada tingkah laku di kemudian hari jika tidak segera dirubah.
  3. Jagalah waktu untuk tidak marah waktu hendak berangkat sekolah ; karena dengan demikian maka anak/ orang tua akan lebih semangat, energik dan mudah dalam menerima/ menyerap setiap ilmu baru, dan sebaliknya jika pada waktu ini sudah ada timbul rasa marah maka akan menguras energi yang semestinya untuk hal-hal positif sudah berkurang maka akan ada rasa malas untuk berangkat sekolah dan di sekolah juga akan asal-asalan dan yang didapat ilmunya juga akan setengah-setengah.
  4. Jagalah waktu hendak akan tidur untuk tidak marah ; karena dengan tidur yang baik sampai bisa tahap beta maka setelah bangun badan akan terasa lebih fresh/ bugar kembali karena badan sudah merasa benar-benar istirahat, sel-sel yang rusak juga sudah baik kembali. Akan sangat berbeda sekali jika kita mau tidur sudah ribut/ bertengkar sampai marah-marah maka tidur juga tidak akan nyenyak dan badan akan terasa letih terus karena badan secara psikis belum istirahat secara total.

Demikian ke Empat waktu tersebut yang harus/ wajib kita jaga baik-baik maka akan sangat terasa dampaknya pada hubungan kita sebagai orang tua dengan anak, juga akan sama-sama bisa menghargai waktu dengan tepat, juga akan menjadikan kita berperilaku yang lebih baik pula untuk kedepannya. (Kesimpulannya; Orang tua tidak memarahi anak pada waktu-waktu itu, dan anak tidak membuat suasana yang bisa dimarahi orang tua pada waktu-waktu itu)

Terimakasih Semoga Bermanfaat




Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..