CARA MEMAHAMI | MEMBACA KODE PADA AKI

   
   Aki merupakan komponen penting buat menunjang kinerja setiap kendaraan bermotor, karenanya hendaklah jangan mengesampingkan perannya, termasuk ketika hendak memilih aki baru.
 Sebelum membeli alangkah baiknya jika kita memahami setiap kode-kode yang tertera di bodi aki. 
Misal aki merek GS dari Astra, jika tertera tulisan GM7B maka artinya G itu mewakili nama sebuah aki yaitu Genzo Shimadzu, M merupakan seri aki yang mempunyai Starting tinggi, Angka 7 merupakan petunjuk besarnya Ampere aki, sedang huruf B berhubungan dengan dimensi aki itu sendiri (Besar/ Kecil).
Kemudian ada lagi tulisan yang tertera 12V/5AH/10HR, itu menunjukkan 12 itu mewakili daya baterai yang 12 volt, 5AH berarti 5 ampere jam, Sedangkan 10Hr merupakan rate. Jadi kesemuanya mempunyai maksud dibaca aki ini memiliki voltase 12 volt yang mampu memberikan arus listrik selama 10 jam sebesar 0,5 ampere.
 Contoh kedua, misalnya pada aki merek Yuasa dengan kode 2301139E. Mengandung maksud pada angka terdepan (23) mewakili tanggal, dua angka selanjutnya (01) itu bulan, dan dua angka berikutnya (13) menunjukkan tahun pembuatan yaitu 2013. Kemudian angka 9 merupakan kode negara pembuat aki, dan huruf E mewakili kode Shift pembuatan.

Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..