SETTING REM CBS HONDA VARIO

(SETTING REM HONDA VARIO CBS)
    CBS (Combi Brake System) di Honda Vario Techno, termasuk teknologi baru di indonesia. Prinsip kerjanya, saat tuas rem belakang ditarik rem belakang dan depan bekerja secara bersamaan.
Namun walau sudah diseting pabrik, kadang pemilik vario merasa rem depan kurang pakem saat tuas rem belakang ditekan, alhasil connecting cable yang ada di dalam batok di bawah spidometer perlu disesuaikan.
"Cara setingnya mudah, modalnya kunci obeng kembang, kunci pas 10 dan 12 serta sedikit kepekaan ketika menentukan apakah rem depan lebih pakem dari patokan awal".
Langkahnya, buka batok depan dulu agar terlihat rangkaian connecting cable di setang kanan persis di bawah master rem, kemudian kendorkan mur setelan kabel connector, kemudian kencangkan bautnya sampai maksimal untuk menentukan jarak bebas sistem combi brake rem depan dengan rasio sekitar (1,5 : 1).
   Dari jarak bebas tadi, putar baut penyetel pada arah berlawanan. "Semakin dikendorkan makin pendek jarak mainnya maka semakin pakem untuk rem depan. 
  Untuk cari titik maksimal rem depan, caranya kendorkan baut sekalian rasakan putaran roda depan, kalau putaran depan sudah terasa agak berat, berarti terjadi pengereman pada roda depan saat handle rem belakang ditekan. Saat itu akan diketahui seberapa maksimal penyetelan kabel connectornya. Setelah didapat, tahan baut setelan setelan lalu kencangkan murnya.
  Sistem CBS bisa lebih pakem tetapi waktu pengeremannya ndak bisa sama dengan rem belakang saat handle kiri ditekan, karena bagian equalizer punya rasio berbeda sekitar (1,5 - 1) tadi, atau saat handle ditarik kabel rem belakang tertarik lebih dulu dibanding kabel connector ke master rem depan.


(Terimakasih semoga bermanfaat)

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..