PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN, AWAS SALAH PENANGANAN

   Banyak kecelakaan fatal jadi penyebab kematian karena penolongnya tidak memiliki pengetahuan yang cukup saat menangani pertolongan pertama, "Ada penyebab kematian atau kelumpuhan serius bukan disebabkan karena kecelakaan itu sendiri tapi salah penanganan saat melakukan pertolongan" (Menurut ahli komunitas kedokteran)
Untuk penanganan pertama pada korban kecelakaan :
  1. >>Kita tidak boleh buru-buru mengangkat, meskipun dipindahkan ke tempat yang menurutnya aman. ini dikhawatirkan terjadi multiple trauma (luka yang banyak pada tubuh), kita wajib curiga lehernya patah, dengan begitu neck-holder alias penyangga leher wajib dipasang. Jika cedera patah leher dan langsung diangkat, sumbu tubuh alias zona tulang belakang akan tidak lurus. Tulang leher cedera dan bengkak akan menjepit syaraf dan mengakibatkan kelumpuhan. Penyangga leher berguna agar kepala tidak bergerak ke kanan-kiri hingga tidak ada syaraf terjepit.
  2. >>Jika kita bertemu korban jatuh di jalanan, ingat jalan pernafasan di cek untuk circulation/ sirkulasi pernafasan lancar tidak, kemudian dicoba kesadarannya dengan menanyakan nama atau hari.., jika ia menjawab artinya memang sadar dan cek jalan nafas dari hidung, tenggorokan ke paru-paru nomalkah ?. Breathing atau pernafasan ini berhubungan dengan airway atau jalur nafas, tandanya dada yang naik turun menunjukkan kalau memang mampu bernafas. untuk sirkulasi berkaitan dengan peredaran darah dan jantung sangat memerlukan pengecekan yang lebih detail.
   Kesalahan yang sering terjadi pada beberapa kasus kecelakaan, antara lain :
>>Ia tidak dibaringkan di tempat rata, malah diberi bantal atau dipangku. Ketidak lurusannya posisi ini membuat korban makin sulit korban bernafas dan berakibat meninggal. Jika tidak memiliki pengetahuan memadai sebaiknya memang diamkan dan panggil petugas medis terdekat.

(Terimakasih semoga bermanfaat)

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..