Orang yang Haram tersentuh Api Neraka

ﻋ َﻠ َﻰﻛ ُﻞِّ ﻫ َﻴ ِّﻦ ٍ، ﻟ َﻴ ِّﻦ ٍ، ﻗ َﺮ ِﻳﺐٍ، ﺳ َﻬ ْﻞٍ ﻋَﻠ َﻴ ْﻪ ِﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟ ُﻮﺍ : ﺑ َﻠَﻰ ﻳَﺎﺭ َﺳُﻮﻝ َﺍﻟﻠﻪ ِ، ﻗ َﺎﻝ َ: ﻭﺳﻠﻢ - ،ﻗ َﺎﻝ َ: ﺃَﻻَ ﺃ ُﺧ ْﺒ ِﺮُﻛ ُﻢ ْ ﺑ ِﻤَﻦْ ﺗُﺤ َﺮ َّﻡُ ﻋ َﻦِ ﺍﺑ ْﻦِﻣ َﺴ ْﻌ ُﻮﺩٍ، ﻋَﻦ ِﺍﻟﻨ َّﺒ ِﻲ ِّ -ﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ .

Rasulullah SAW bersabda:
"Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram (tersentuh api) neraka..?"
Para sahabat berkata: "Iya, wahai Rasulullah."

Beliau menjawab: *(Haram tersentuh api neraka) orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl*" (HR. Tirmidzi & Ibnu Hibban, dari Ibn Mas'ud)

*HAYYIN*: orang yang memiliki _*ketenangan dan keteduhan lahir batin, teduh jiwanya*_. Tidak labil, tidak gampang marah, tidak grasak-grusuk dalam segala hal, penuh pertimbangan. Tidak gampang memaki, melaknat dan ngamuk (tersulut berita yg sampai padanya).

*LAYYIN*: orang yg lembut dan kalem, _*baik dalam bertutur-kata atau berbuat*_. Tidak kasar, main cantik sesuai aturan, tidak semaunya sendiri, segalanya tertata rapi. Tidak galak & suka memarahi orang yg berbeda pendapat dengannya, tidak suka memaksakan pendapat. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk saudaranya sesama muslim.

*QARIB*: akrab, ramah diajak bicara, _*menyenangkan bagi yg mengajak bicara*_. Tidak acuh. Biasanya murah senyum jika bertemu, wajahnya berseri-seri dan enak dipandang. Mudah untuk diajak berteman.

*SAHL*: orang yg tidak mempersulit urusannya dengan orang lain. Selalu _*memberi solusi bagi setiap permasalahan*_. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar.

Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..