"Mimpi Buruk" Masa Depan Muslimin AS...Itu tidak Mungkin...!!

Trump & "Mimpi Buruk" Masa Depan Muslimin AS
---------

Terus terang, agak kaget mendengar Trump terpilih. Sepintas lalu ada kekuatiran yang muncul di hati terkait masa depan muslim di AS. Sekitar 72% muslim AS tidak berharap Trump yang akan mengambilalih kursi kekuasaan di negeri berasas demokrasi-liberal tersebut.

Pasalnya Trump punya visi dan misi kepemimpinan yang dirasa akan -semakin- menyudutkan Islam dan umat muslim di sana, atau boleh jadi muslim di negeri-negeri lainnya di mana AS telah menghujamkan taring-taring hegemoninya.

Ya, Trump adalah sosok penguasa yang dihantui oleh Islamophobia. Kebijakan-kebijakan yang akan dibuatnya, boleh jadi semakin menyulut api kebencian terhadap Islam dan kaum muslimin di AS. 

Namun, kekuatiran itu hanya ilusi syaithāniyyah belaka. Masalah utama kita bukan pada "betapa besar power yang kini dimiliki Trump untuk melampiaskan kebenciannya terhadap Islam". Power Trump tak ada apa-apanya dibanding Kemahadigdayaan Allāh -Sang Raja Semesta- yang telah berjanji menolong hamba²Nya yang bertauhid:

إِنَّا لَنَنصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهَادُ

"Sesungguhnya *Kami pasti menolong* Rasul-Rasul Kami dan orang-orang beriman *(yang bertauhid & beramal shalih)* dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat)". [QS. Ghafir: 51]

Masalah terbesar kita bukan pada kampanye Anti-Islam ala Trump -yang kini benar² akan berkuasa-. Masalah terbesar kita ada pada "kita". Ya, kita..., yang selama ini telah jauh meninggalkan Allāh untuk lebih memilih bersandar pada selain-Nya. Ya, kita..., yang telah kehilangan makna sejati kesabaran & takwa. Karena dengan keduanya (sabar & takwa), tak ada yang perlu dikuatirkan dengan makar Trump terhadap Islam di kemudian hari. 

وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لَا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ

"Jika kamu *bersabar dan bertakwa*, niscaya tipu daya mereka sedikitpun *tidak mendatangkan kemudharatan* kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan." [QS. Àli Ìmrān: 120]

Lagipula masalah muslim di AS -dan bahkan di seluruh dunia- bukan hanya Trump. Ada banyak fitnah, musibah dan cobaan yang menimpa muslim seantero dunia saat ini. Namun sejatinya, segenap cobaan dan musibah yang menimpa umat ini, tidak terkecuali cobaan dari penguasa yang tak berpihak kepada Islam, adalah "teguran" agar kita mau kembali pada-Nya. Kembali dari kesyirikan menuju tauhid. Dari maksiat menuju takwa. Itulah pesan yang hendak disampaikan ayat ini:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِن قَبْلُ ۚ كَانَ أَكْثَرُهُم مُّشْرِكِينَ

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, *agar mereka kembali* (ke jalan yang benar). 

Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah *orang-orang yang mempersekutukan (Allah)*". [QS. ar-Rum: 41-42]

Maka *langkah awal* untuk menghadapi segenap problematika ummat Islam saat ini, adalah dengan kembali bersimpuh di hadapan Allāh bertekad taubat yang nashūh.

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Dan *bertaubatlah* kalian wahai orang-orang mukmin, agar kalian *beruntung*..." [QS. an-Nuur: 31]

*Langkah berikutnya* adalah menata kembali kepingan-kepingan iman (tauhid) kita yang jatuh retak berserak. Lantas menghiasi tauhid tersebut dengan amal-amal shalih di atas sunnah. Dengan demikian, sejatinya kita telah menolong agama Allāh. Sehingga pada saatnya nanti, giliran pertolongan Allāh yang akan datang menghampiri. 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya *Dia akan menolongmu* dan meneguhkan kedudukanmu. [QS. Muhammad: 7]

***
Lombok, 09112016
Abu Ziyan Halim

Channel: telegram.me/kristaliman
Page: fb.com/kristaliman

Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..