KIAT SEHAT DI USIA SENJA..

(HEALTHY TIPS old age..)
  Lee Kuan Yew yg baru saja melepas jabatan sbg Minister Mentor of Singapore 3 th yg lalu kini berusia 91 tahun. Diusianya yg sudah senja dia masih terus aktif. Membuat orang-orang bertanya apa resep yang membuat dia bisa sehat begitu.
Dibawah ini adalah 5 resep rahasianya yg membuat dia sehat diusianya..
Ia mengatakan :
1. Kalau bisa, SEDIKIT MAKAN.
2. Usahakan agar dapat TIDUR yang CUKUP
3. Kita harus merasa TERTARIK dan SUKA pada               PEKERJAAN anda.
4. Harus BEROLAH-RAGA setiap hari (minimal 45             menit)
5. Ini adalah yg lebih penting lagi yaitu MENJAGA             PIKIRAN kita tetap Tangkas & Tajam.

Untuk menjaga pikiran agar tidak pikun, kita dapat main Mahjong atau main kartu. Kalau saya memilih belajar satu bahasa yg lain.
Saya telah menguasai bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Melayu, bahasa Hok Kian, sekarang mempelajari bahasa Mandarin.
Jangan berhenti untuk Belajar. Sekali berhenti, Elemen Syaraf (Neuron) akan mati, Anda pun habis sudah, walau badan terasa lebih sehat, tapi Otak Anda Kosong...
Ini adalah hal yang paling menyedihkan. Oleh karenanya, kita harus mempertahankan otak tetap lincah, setiap hari pelajarilah hal yang baru, penuh kegairahan terhadap kehidupan.
Pengetahuan terhadap segala yang terjadi di sekitar atau peristiwa dunia dengan membaca koran atau menonton berita. Juga membuat otak kita bekerja. Itulah caranya saya mempertahankan ketajaman pikiran.
6. BERBUATLAH KEBAIKAN-KEBAIKAN !!! 
Dengan berbuat kebaikan kita sesungguhnya merawat hati nurani kita dan menambah Tujuan dan Arti hidup kita.
Ketika Lee Kuan Yew melarang Permen Karet di Singapore dia berkata: "If you can't think because you can't chew, try a banana. (Jika kamu tidak bisa ber pikir tanpa mengunyah, cobalah pisang)". Sebuah sindiran sarkastis pada kaum muda, tapi semua orang memujinya. Karena berkat Lee Kuan Yew. Singapore menjadi kota terbersih. (By-Lee Kuan Yew)

Majalah: LianHe Zhaobao.

Edited by GC



Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..