GOOGLE STREET VIEW/ TAMPILAN/ PENUNJUK/ LOKASI/ PETA JALAN DI INDONESIA

  

  Street View merupakan proyek jangka panjang Google untuk mendokumentasikan pemandangan jalan yang sejajar dengan pandangan manusia. Ini merupakan foto panorama 360 derajat, permulaan untuk pertama kali di Indonesia pada November 2012 jadi memakan waktu sekitar dua tahun lamanya. Sistem pengambilan foto di Jakarta dilakukan lebih dari 10 mobil yang dilengkapi dengan kamera 360 derajat. Tekhnik perekamannya menggunakan sistem kamera 11 lensa yang disebut Dodeca (Menurut Immersive Media,1994).
    Sebelas kamera itu merekam gambar dari 11 sudut berbeda berdasarkan Geometri Dodecahedron. Hasil akhir yang ditampilkan dalam layanan ini merupakan gambar diam yang sebenarnya juga merupakan gambar Full-Frame. Lensa tersebut mampu menangkap gambar 30 Frame per detik dengan resolusi yang sangat tinggi.
  Namun pada tahun 2007, kedua belah pihak memutuskan untuk mengakhiri konten lisensi tersebut, maka Google membuat sistem kamera sendiri dengan cara memasang kamera diatas mobil, troli, sepeda, diatas perahu bahkan dipegang sendiri oleh manusia. Semuanya tergantung pada medan lokasi yang mau direkam. Pada kamera yang terpasang di mobil menyusuri jalan beberapa kota dengan memajang logo Google Maps Street View dan Wonderful Indonesia.
Setelah selesai kemudian disusun di urutkan satu persatu dengan komputer digabungkan kemudian "dijahit" sampai bisa menghasilkan foto panorama 360 derajat. Google Street View sendiri telah merekam 57 negara di dunia, termasuk asia yang mencangkup Jepang, Taiwan, Hongkong, Makau, Singapura dan Thailand.
   Sejumlah wilayah populer di Indonesia khususnya DKI Jakarta bisa dinikmati seperti Museum Fatahillah, Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Senayan, selain oyek tersebut juga ada jalan-jalan yang bisa dilihat dengan Google Street View seperti Bogor, Tangerang dan Bekasi baik dengan PC/ Laptop atau Smartphone.
   Untuk mengakses layanan Google Street View; 
  • Buka dari Browser http://maps.google.com, klik area yang hendak dikunjungi dan pilih menu "Street View" yang muncul dibawah area pencarian. 
  • Cara lain juga bisa dengan "menyeret" (drag) icon gambar orang berwarna kuning yang terletak dikanan bawah layar browser ke area yang akan dijelajahi.
  • Untuk cara lainnya dengan mengklik jalan yang dimaksud dan nama jalan yang akan dimunculkan di pojok kiri atas halaman Google Maps beserta menu Street View disamping kanannya. Untuk melihat area disekitar jalan tersebut klik foto yang bertulis "Street View".


Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..