OLI MESIN REMBES PENYEBABNYA BISA JADI SIL MENGERAS

   Paling menyebalkan kalo melihat oli rembes di seputar Blok dan kepala silinder, apalagi jika sudah tercampur debu..bikin tampilan mesin terlihat jorok enggak terawat, padahal kondisi mesin sehat-sehat saja, alias ndak ada masalah.
Hal ini terjadi jika sil yang terdapat di sekitar Blok dan silinder Head sudah tidak maksimal lagi bekerja karena terlalu panas kena mesin, sil jadi mengeras.
Ada beberapa penyebab oli sampai merembes ke head dan blok yang bisa dideteksi :
  1. Pertama>>bisa berasal dari sil atau karet yang berada pada tutup setelan klep, maka perlu diganti untuk menggantinya buka dulu tutup klep dengan kunci ring atau pas 14 kemudian lepas karet O-ring, setelah itu oleskan secara merata sealer pada coakan tutup klep dan tunggu sekitar 10 menit, untuk memastikan sealer kering. Baru kemudian karet ditempatkan pada tutup klep dan pasang lagi penutup klep pada posisi semula.
  2. Kedua>>oli yang merembes di sekitar tutup silinder head sebelah kanan yang bertuliskan Four, penyebabnya O-ring cover blok sudah tidak maksimal bekerja, rembesan terlihat di bawah kiri dan atas cover four. Untuk harga O-ring berkisar rp 5-8 ribu.
  3. Penyebab lain>> pada area ini bisa dari O-ring kabel Takometer/ RPM, posisinya di dalam head kanan bertuliskan Four sendiri. Bentuk sil bagian tengah berlobang mirip donat tapi dimensinya kecil, untuk harga sekitar rp 5 ribu.
  4. Penyebab berikutnya>>berasal dari kabel RPM itu sendiri, oli bisa merembes dari sela lobang baut yang biasanya sudah kena serangan korosi / karat, kalo memang ini biang keladinya solusinya dengan mengganti kabelnya seharga rp 27 ribu.
(Terimakasih semoga bermanfa'at)

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..