MENJADI ORANG TUA BIJAK

(PARENTS BE WISE)
   Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini, mampu menjadi hidup manusia lebih baik, mudah, efisien dan hemat. Namun, penggunaan teknologi yang tak diimbangi kesiapan mental dan sumber daya manusia berkualitas, justru akan menimbulkan masalah.
Karena itu, masyarakat harus dididik dan dilatih agar benar-benar siap menghadapi arus globalisasi yang memang tak dapat dihindari atau dibendung, dampak negatifnya dapat kita rasakan.
   Pergaulan bebas, internet, dan pengaruh HP menjadi kekhawatiran orang tua yang mempunyai anak seusia remaja. Disini sangat perlu "Dibentuknya karakter remaja sehat melalui pola asuh orang tua yang bijak".
Orang tua yang bijak harus mampu menyikapi masalah yang dihadapi anaknya dengan menjalin komunikasi yang baik dengan anggota keluarga lain untuk menciptakan hubungan harmonis dengan seimbang. Dengan komunikasi yang baik ini membuka peluang bagi anak untuk curhat kepada orang tua mengenai masalah yang dihadapi. Ironisnya, kadang orang yang diajak curhat bukan orang yang tepat. Akibatnya, bukan penyelesaian masalah masalah yang didapat, tapi justru menambah masalah itu sendiri.        Beberapa masalah yang dihadapi remaja antara lain masalah beban belajar dari sekolah, perkembangan fisik, masalah dengan teman, keluarga kurang harmonis, dan perbedaan norma yang diterapkan dirumah dengan kenyataanya dilingkungannya. Saat ini, beban belajar anak sangat berat, sementara tuntutan orang tua sangat tinggi, hal ini menyebabkan masalah tersendiri bagi anak remaja. (Bina Keluarga Remaja/ BKR)
Terimakasih semoga bermanfaat 

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..