NUTRISI YANG SEHAT SANGAT PERLU DI KENALKAN PADA ANAK SEJAK DINI


(NEED A VERY HEALTHY NUTRITION INTRODUCES THE CHILDREN SINCE EARLY)



    Setiap hari anak-anak selalu berinteraksi dengan aneka makanan dan jajanan di sekolah, baik yang di buatkan sama orang tuanya atau yang dibeli dari warung, pedagang keliling dan kantin sebagai bekal saat jam istirahat.

    Tak ada yang salah dengan kebiasaan anak mengonsumsi jajanan, karena sebagai asupan nutrisi sebagai penunjang aktivitas agar tetap berkonsentrasi saat belajar. Yang jadi masalah jika jajanan yang di konsumsi mengandung zat yang berbahaya buat tubuh. Disini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memberikan edukasi pada anak agar mengenali mana jajanan yang sehat dan tidak. 

    Salah satu edukasi paling mudah dan terbaik adalah dengan menyiapkan bekal sendiri untuk di bawa ke sekolah, "saat mempersiapkan bekal tersebut ajak anak untuk mengenal kandungan nutrisi dalam setiap makanan atau jajan yang di sajikan", dengan demikian anak merasa tertarik dengan bekal yang dibawa dan mengurangi ke inginan jajan di sekolah. 

    Hal yang paling penting selalu diberi pengertian mengenai kebiasaan jajan di sekolah itu tidak baik, agar tercipta generasi muda yang sehat di masa datang.

Kenali Makanan yang berbahaya. 
Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran tentang pentingnya hygenes dan sanitasi yang masih rendah, terbatasnya akses air bersih dan prasarana yang menunjang.
Contoh makanan yang tidak sehat antara lain :aneka es dan minuman berwarna, syrup, jelly, atau bakso. Jenis makanan ini merupakan makanan yang di prioritaskan dalam pengawasan dari pada makanan lainnya. 
Jika mampu mengatasi menyelesaikan masalah di jajanan itu sampai 80% maka permasalahan keamanan dan mutu sekolah akan teratasi.      
    Menurut badan POM RI ditemukan fakta dari tahun 2009-2013 sebanyak 59-70% dari jajanan bermasalah dalam hal Microbiologi. Berdasarkan survey badan POM kecendrungan anak untuk jajan di sekolah sampai 99%, data ini diambil tahun 2008 yang melibatkan 108.000 responden pada sekolah dasar 4.500 dan madrasyah ibtidaiyah di 18 provinsi. 

Trimakasih Semoga bermanfaat



Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..