5 Ibadah Rosululloh dan Sahabat di Bulan Ramadhan..


Pada bulan-bulan Ramadhan, Rosululloh selalu mengumpulkan sahabat untuk memberikan pemahaman ilmu untuk menyiapkan mental. Lima diantara sekian banyak ibadah yang dilakukan Rosululloh antara lain :

1. Memahami hakikat rukun dan syarat puasa

Dalam sabdanya "siapa saja yang menunaikan puasa Ramadhan, kemudian mengetahui rambu-rambunya & memperhatikan apa yang mesti diperhatikan, maka akan menjadi pelebur dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya."(HR.Ibnu Hibban dan al-Baihaqi)

jadi tidak meninggalkan puasa tanpa alasan yang syar'i, sabda berikutnya "Barang siapa tidak menunaikan puasa dalam sehari tanpa alasan rukhshah atau sakit, maka itu dosa besar yang tidak bisa ditebus, bahkan ia menunaikan dengan puasa seumur hidupnya.(HR.at-Tirmidzi)

2. Tilawah/membaca Al-Qur'an

Ramadhan adalah bulan turunnya Al-Qur'an sebagai pedoman hidup manusia. Rosululloh sendiri bertadarus dengan Malaikat Jibril .

Pada bulan ini harus benar-benar berinteraksi dengan al-Qur'an untuk meraih keberkahan hidup, dengan cara: Tilawah/membaca, Tadabbur/memahami, Hifzh/menghafalkan, Tanfidzh/mengamalkan, Ta'lim/mengajarkan, Muntahkim/sebagai pedoman

3. Memberi makan orang yang berpuasa, bersedekah

Salah satu amaliah Rosululloh ialah memberi ifthar/santapan berbuka kepada orang yang berpuasa. Dalam sabdanya "Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, ia mendapat pahala senilai orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi nilai pahalanya sedikitpun".(HR.Ahmad, at Tirmidzi dan Ibnu Majah). "Sebaik-baik sedekah adalah pada bulan Ramadhan" (HR.al-Baihaqi, al-Khatib dan at-Tirmidzi).

4. Memperbanyak zikir, do'a dan istigfar

Bulan Romadhon merupakan bulan penuh berkah, dalam hari-hari dan malamnya merupakan waktu utama/mulia. Sebaiknya pada sepertiga malam terakhir perbanyak istighfar :selalu memohon ampun pada waktu sahur.(QS.Azd=Dzariyaat(5) :18).

5. Itikaf

Yakni berdiam diri didalam masjid dengan niat beribadah kepada Alloh. Ibadah yang demikian penting sering dianggap berat sehingga ditinggalkan oleh kebanyakan orang islam. Sampai-sampai Imam az-Zuhri berkomentar,"Aneh benar orang islam meninggalkan ibadah itikaf, padahal Rosululloh saw tidak pernah meninggalkannya sejak beliau datang ke Madinah hingga wafat disana".

Sungguh, Bulan Romadhon merupakan bulan mulia hendaknya kita mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk meraih gelar Muttaqin/bertaqwa.

 

"KEIDEOLOGIAN YANG HAKIKI"

(Q.S :20 Toha)

113 - Demikianlah Alloh menurunkan Al-Qur'an dalam bahasa arab dan telah menjelaskan berulang-ulang, didalamnya sebagian ada ancaman agar bertaqwa juga memberikan pengajaran.

"AWAS TERTIPUDAYA"

131 - Janganlah engkau tunjukkan pandangan matamu kepada kenikmatan yang seperti Alloh telah berikan kepada beberapa golongan sebagai bunga kehidupan dunia agar diuji dengan kesenangan itu. Sesungguhnya karunia Tuhanmu yang lebih baik & lebih kekal.

135 - Katakanlah "masing-masing kita menanti, maka nantikanlah olehmu! kelak akan mengetahui siapa yang menempuh jalan yang lurus & yang telah mendapat petunjuk.

  " KEKEKALAN YANG FANA"

(Q.S :21 Al-anbiya)

35 - Setiap yang bernyawa akan merasakan mati, Alloh akan menguji dengan keburukan & kebaikan sebagai cobaan, dan kamu akan dikembalikan hanya kepadaNya.

  "SIKAP KETIDAK KONSISTENAN PADA MANUSIA"

11 - Dan diantara manusia ada yang menyembah Alloh hanya ditepi /tidak dengan penuh keyakinan (;maka jika ia memperoleh kebahagiaan ia akan merasa puas, dan sebaliknya jika ditimpa suatu cobaan ia berbalik ke belakang /kafir lagi. Dia rugi didunia dan akherat, itulah kerugian yang nyata.(Q.S :22 Al-Hajj) 

 

  "CARA MENGAMBIL KEPUTUSAN MENURUT NABI SULAIMAN DALAM KISAH KAMBING YANG MERUSAK TANAMAN ":

78 - Kambing-kambing diserahkan sementara kepada pemilik tanaman untuk diambil manfa'atnya  dan pemilik kambing diharuskan mengganti tanaman itu dengan yang baru, dan apabila tanaman yang baru telah dapat diambil hasilnya, pemilik kambing boleh mengambil kambingnya kembali.(Q.S :21 Al-Anbiya)

 


Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..