Keharusan baca | perbuatan | wajib dengan Asma'us Husna sebelum makan dan minum

*ADAB MAKAN DAN MINUM MINUM : MENGUCAP BASMALAH SEBELUM DAN HAMDALAH SETELAH SELESAI MAKAN*

Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, Rasulullah ﷺ bersabda :

إن اللهَ ليرضى عن العبدِ أن يأكلَ الأكلةَ فيحمدَه عليها . أو يشربَ الشربةَ فيحمدَه عليها

_"Sesungguhnya Allah meridhoi hambanya yang bila dia makan kemudian memujiNya atau dia minum kemudian memujiNya"._ ( HR Muslim ).

Hadits di atas menunjukkan dalil ridho Allah bisa diraih dengan amalan yang sederhana, yaitu dengan memuji Allah, _alhamdulillah_, setelah makan atau minum. Karena adab makan dan minum, ada yang berupa perbuatan atau ucapan.

_Perbuatan_ : makan dengan tangan kanan, karena seorang muslim tidak boleh makan dengan tangan kiri dan menurut pendapat yang paling kuat hukumnya *haram*. Nabi ﷺ pernah melarang seseorang yang ketika itu makan dengan tangan kiri, akan tetapi malah "ngeyeli", hingga kemudian tangannya lumpuh tidak bisa mengangkat makanan ke mulutnya sebagai hukuman atasnya.

_Ucapan_ : dengan mengucap basmalah sebelum makan. Dan pendapat yang lebih kuat, hukumnya *wajib*, _sehingga kalau ditinggalkan akan mendapat dosa_ dan jika tidak makan dan minum dengan mengucap basmalah, setan akan makan bersamanya. Jika ia lupa mengawali dengan bismillah, maka ucapkan :

بِسْمَ اللهِ أَوَّلُهُ وَ آخِرُهُ

_"Dengan nama Allah (aku makan/minum) sebelum dan sesudahnya"_.

Dan seseorang yang terlupa hendaknya diingatkan, karena Nabi ﷺ pernah mengingatkan Umar bin Abu Salamah ketika ia masih kecil dan hendak makan langsung tanpa mengucapkan basmalah :

يا غلام سم الله و كل بيمينك و كل ما يليك

_"Wahai anak kecil, ucapkanlah basmalah, makanlah dengan tangan kananmu dan ambillah makanan yang lebih dekat denganmu"._ ( HR Bukhari, Muslim ).

Hadits ini juga menunjukkan bahwa mengucapkan basmalah tidak cukup salah seorang saja, namun masing-masing harus mengucapkannya.

(Umar bin Abu Salamah adalah anak dari Ummu Salamah radhiyallahu anha).

@Pandeansari, 7 Rajab 1438H - 4 April 2017.

----
Sumber :
- _Syarah Riyadhus Shalihin,_ Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin rahimahullah.

Terimakasih Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Janganlah Salah Niat hanya untuk Dunia..

Al-Kisah Tiga Orang Yang di Uji

Hal Yang Paling Bermanfaat Bagi Dirinya..